Si newbie di dunia perclodian

Assalamu'allaikum...

Alasan utama gue berclodi itu pure buat ngirit pengeluaran untuk beli pospak. Tapi eh ternyata juga ngebantu jaga lingkungan dari sampah pospak yang terbanyak kedua loh gengs...

Nah karena pakai clodi untuk ngirit, browsing merk, jenis, bahan clodi tuh dipelajarin banget, supaya gak salah beli dan malah berakhir jadi boros karena clodi gak cocok.

Akhirnya gue beli semua clodi yang ukuran all size (3 - 15 kg). Tipenya ada yang coveria juga pocket. Soalnya biar bisa dipake dari usia 1 bulan sampeee nanti toilet training.

Tapiiii kalauuu kalian baru hamil anak pertama, kayanya mending stock juga clodi yang size newborn. Kan masih bisa dipake adiknya nanti yah hehe.


Awalnya kepincut banget sama clodi tipe coveria. Karena bisa ganti insert doang kalau covernya masih bersih. 

Tapi ternyata pas prakteknya enakan pake model pocket. Karena ga ngebekas banget bekas karet clodinya dan kalo si boss poop ya berakhir dengan ganti semuanya deh haha.

Nah ini merk Babyclo model coveria. Ini pas Munzir udah usia 1 bulan, jadi udah mulai pake clodi.

Masih kegedean, tapi gak bocor kok ini. Soalnya insertnya juga masih suci, masih akrab banget sama air yang netes, langsung keserep hahaha.


Naaah karena prinsip gue berclodi supaya iriiittt, Alhamdulillah gue cuma stock clodi 12 sajaaa... Dengan model, tipe, jenis yang beda² hahaha

Tapi buy mooorreeee inserts is a must ya gengs! 

Karena insert itu lebih lama keringnya dibanding covernya. Jadi itulah mengapa gue bisa survive dengan enjoy cover clodi 12 doang hehehe.


Stock yang gue punya ada 5 clodi model coveria dan 7 model pocket. Yang model pocket, tentu dengan inner yang beda² pulaaa hahaha.

Sedangkan insert gue ada stock 21, deeengan tipe yang beda² pula wkwkwk

Keliatan kan nih di foto, betapa beragamnya stock clodiku hahaha.



Tiiippss dari si newbie~~
  1. Beli clodi jangan sekaligus banyak dengan model/jenis yang sama. Beli satu² aja dulu dari beberapa model yang kalian minati...
  2. Clodi newborn size kepake banget kalaauuu kalian baru hamil anak pertama. Tapi kalau kedua dst, rada sangsi euy. Maklum kan tujuan gue buat ngirit hehe. Nah clodi newborn size bisa juga diganti pake metode prefold. Boleh di browsing² yaaakk
  3. Berselancar lah kalian ke sebanyak mungkin blog, sosmed, website, youtube, buat belajar gimana caranya terjun ke dunia clodi. Atau ada juga beberapa kelas online tentang clodi, kaya di IG umaiyo_clodi.

Nah next postingan... Gue coba review cloth diaper yang gue pake dan menurut pengalaman gue si newbie di dunia clodi ini yah hehehe.

Wassalamu'allaikum...

Comments