Menyapih Tepat Usia 2 Tahun

Assalamu'allaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh...

Kali ini gue mau sharing tentang menyapih Hanif...
Abis bahas lahiran, longkapnya jauh banget ya langsung menyapih hahaha. 
Karenaaaa... Alhamdulillah lagi diberi amanah lagi sama Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk mengandung, jadi biar infonya fresshhh tentang kehamilan, newborn, MPASI dan lainnya kita pending dulu hehehe.

______________________________________________
Dari segala tumbuh kembang Hanif di masa golden age ini, yang paling jadi concern gue adalah proses menyapih. Kenapaaa?
Karena pengeeen banget bisa nyusuin Hanif sampai 2 tahun. Goals banget lah bisa meng-ASI-hi Hanif 2 tahun tuh. Selain memang keunggulan pemberian ASI sampai 2 tahun yang udah banyak dijabarin secara medis, menyusui anak selama 2 tahun juga disebutkan dalam Al-Quran.

Hal tersebut lah yang jadi bahan pertimbangan gue minta ke suami untuk bersabar nambah anak, setidaknya sampai Hanif selesai disapih. Walaupun bisa juga sih tandem ASI selama hamil, tapi gue udah ngerasa jiper duluan, alias ngerasa gak mampu gitu hehehe.

Kegiatan nyusu ini kan kegiatan yang ngasih kenyamanan untuk si anak, juga ke ibunya kan. Setuju gak?

Karena anak nyaman dekat sama ibunya, ibunya pun nyaman nidurin anaknya jadi gak susah hahaha 10 menit nenen langsung pules.

Nah gimana nih proses nyapihnya?

Gue ga pake banyak teori banget tentang menyapih ya, tapi dari Hanif 20 bulan udah mulai dibilangin tuh, kalau pas umur Hanif 2 tahun, nenennya udahan. 
Lama² kegiatan nyusu Hanif juga berkurang. Kira² dari 22 bulan lah Hanif kalau nyusu cuma pas mau tidur aja. Kalau lagi pergi Alhamdulillah gak pernah minta nyusu. Kecuali pas di mobil, wajib hukumnya dia nyusu. Sampe² dijabanin beli carseat buat mendukung proses menyapih ini hahaha.

Sempat maju mundur mau nyapih Hanif tepat diumur 2 tahun, atau ya santai relax aja gitu nunggu anaknya siap.
Sampai akhirnya dipertemukan sama komunitas Tangerang Menyusui sama sisterfillah-ku Anisa Mulyati, yang mau bikin kulwap tentang menyapih. Pas banget dooong...

Pengisi materinya waktu itu sama Bunda Arit Widowati. Wah beliau sih Masya Allah banget yah. Anak 6, umurnya dempet², dan semuanya full ASI 2 tahun. Bahkan beliau juga aktif jadi pendonor ASI. Masya Allah banget kan...
Beliau kasih penjabaran tentang menyapih dari kacamata islam, yaitu menurut Al-Quran dan Hadits.

Kenaaa banget pas didalam materinya dibilang menyapih niatnya untuk ibadah, niatnya karena Allah, bukan untuk lain²nya.
Daaaan ketampolnya lagi sama materi bahwa mental ibunya juga harus kuat! Heee inilah yang bikin gue maju mundur mau menyapih Hanif.

Singkat cerita, setelah memantapkan mental dan emosi gue untuk siap menyapih, lebih sering lagi sounding untuk lepas nenen, minta sama Allah untuk dimudahkan proses menyapihnya, Alhamdulillah Hanif bisa langsung berenti nenen dimalam pertama percobaan gak nenen pas mau tidur. 

Gak nangis?

Beh! Yaa nangis laaahh hahaha

2 - 3 hari kalau mau tidur masih suka nangis minta nenen. Dibilangin aja "Hanif udah besar, Hanif udah gak boleh nenen nak. Yang nenen cuma dede bayi aja... Perintah dari Allah lho ini Ama kasih nenen ke Hanif baiknya sampai 2 tahun..."

Lama² kalimat itu selalu diinget sama Hanif kalau lagi keinget minta nenen haha Masya Allah ya...

Gimana cara alihin aktifitas nenennya sebelum tidur?

Cerita², tanya² seharian Hanif ngapain aja,
Bacain buku cerita,
Diempok²in sambil sholawatan sampe yaaa ada kali 20 kali hahaha.
Baru deh tidur. Yaa kira² 1 jam lebih proses nidurin Hanif sekarang hahaha.

Kunci utama keberhasilan menyapih sih ofkors keridhoan Allah Subhanahu Wa Ta'ala ya. Nah gimana kitanya aja yang minta ridho Allah untuk menyapih. Salah satunya, yaitu dengan meyakini bahwa proses menyapih juga bentuk ketaatan kita kepada Allah Azza Wa Jalla...

Sedikit saran sih, selama proses menyapih, jangan diganti dengan minum susu formula atau susu lainnya. Karena jatohnya nanti kebiasaan dia menyusu di jam dia biasa nenen gak akan berubah. Kalau yang masih suka kebangun di jam tidur malam karena mau nenen, lebih baik dikasih air putih aja. Jadi anak juga tahu bahwa proses menyapih ya seperti itu. Paling susu lainnya dikasih saat si anak lagi segar aja, sebagai minuman selingan.

Pernah denger juga, nantinya akan mempermudah proses toilet trainingnya. Waaah berkesinambungan ya kegiatan emak² tuuuh hahaha.

Nah Hanif lagi proses toilet training nih!
Nanti kalau sudah sukses, baru gue sharing disini ya.

Sekian cerita Ama Hanif tentang menyapihnya...

Wassalamu'allaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh...

Comments