Hanif, 30 Januari 2018.

Assalamu'allaikum warrohmatullahi wabarokatuh...

Setelah sebelumnya sharing kehamilan, tepatnya sharing pengalaman dokter dan faskes selama hamil sih hehehe.
Sekarang gue mau sharing proses melahirkan Hanif 2 tahun 3 bulan silam...

Tepat di pekan ke-39 Hanif lahir, dengan proses normal pakai induksi infus 1 kantong.
Nggak pernah ngerasain kontraksi alami.
Bahkan kontraksi palsu pun cuma kaya kalo datang bulan, tipiiiisss banget rasa nyeri kontraksinya.

Dari pekan ke-37 udah mulai keluar mucus plug dikit² dan warnanya masih bening.
Pas masuk 38 mulai tuh lebih intens keluar mucus plug-nya dan mulai berwarna pink, terus agak merah, berikutnya bahkan agak kecoklatan.

Udah PD banget nih abis keluar mucus plug yang agak warna coklat, bentar lagi kontraksi nih. Lah tapi sampe jadwal kontrol 39 pekan, ga mules² juga. Pas kontrol, ternyata air ketuban udah berkurang. Alhasil dokter saranin untuk induksi. Beliau jelasin juga nggak semua induksi berjalan lancar dan bisa lahiran normal. Walaupun beliau positif bisa lahiran normal, tapi tetep dikasih tau the worst case nya bisa lahiran secara SC.

Gue nggak maksud bilang kalo lahiran SC itu worst case secara general yaaa... Karena keinginan gue pribadi untuk bisa lahiran secara normal, of course SC adalah worst case gue.

29 Januari 2018


- Pagi kontrol, terus pasang alat CTG terus cek bukaan, ternyata udah bukaan 1.
- Siang pulang dulu. Makan nanas 1 buah, nggak ngefek juga buat bikin mules.
- Abis Magrib langsung cus ke RS Sari Asih Karawaci.
- Jam 8 malam masuk infus induksi.
- Jam 10 malam baru ngefek kontraksi yang luar biasa super duper bikin ambo takajuik.

30 Januari 2018

Alhamdulillah pembukaan terus nambah, tentu rasa sakit kontraksi juga nambaahhh bangettt... 
Kalau liat video orang lahiran kan kontraksi sambil diusap, dielus, dipijit, sedangkan gue disentuh aja rasanya mau emosi. Karena setiap disentuh mulesnya makin kerasa banget... Fokus ngeleburin rasa sakit kontraksi langsung buyar gitu hahaha.

Sekitar subuh rasa mulesnya udah nggak tahan banget, ada hasrat buat ngeden banget... Rasanya kaya mau pupup...
Pas cek bukaan ternyata udah lengkap.
Sembari bidan siapin alat perang persalinan, sembari nunggu dokter sampai RS juga, disuruh lah latihan ngeden. Ngeden beneran tapi, diajarin ngeden yang bener.

Sebelumnya udah belajar sih beberapa kali senam hamil dari 7 bulan di RS Mayapada. Alhamdulillah teori dapet, nah praktekinnya ternyata tidak mudah buibuuu hahaha.

Karena panik, pas ngeden bagian bokong gue keangkat, diomelin lah diriku sama bidan. Kalau orang² pas proses lahiran ngomel², kalo gue diomelin dan gue banyak minta maaf karena caranya salah wkwkwk

2x latihan ngeden sama bidan, akhirnya dokter dateng juga. Pas beliau lagi siap² gue udah nggak tahan buat ngeden lagi, ya udah gue ngeden, dokter mulai duduk, dan langsung ketangkep deh Hanif di tangan beliau.
Alhamdulillah jam 5.30 pagi Hanif lahir...
Sakit kontraksi langsung blaarrr ilang semua...

Alhamdulillah langsung proses IMD.
Nunggu sebentar buat plasentanya keluar.
Lalu selama Hanif dipeluk gue, sembari diadzanin sama Aba-nya, sembari juga gue dibius lokal untuk jahit robekan. 

Jahitannya cukup banyak kayaknya. Soalnya agak lama dan kira² 5 jahitan terakhir kerasa bangettt... Obat biusnya udah ilaaang hahaha.

Keputusan akhirnya gue lahiran sama dr. Agus di RS Sari Asih Karawaci. Karena beliau orangnya cukup positif untuk dukung lahiran normal, dan gue juga udah nggak ada waktu lagi buat cari dokter perempuan untuk lahiran yang gue sreg.

Nilai plusnya kata bidan² di RS beliau kalo jahit itu super rapiii... Makanya suka agak lama kalo jahit robekan.

Untuk referensi harga, tahun 2018 lahiran normal untuk fasilitas kamar kelas 1 (dalam 1 kamar ada 2 pasien. proses lahiran boleh ditemenin 1 orang) itu biayanya sekitar Rp. 8.000.000. Kelas deluxe sekitar Rp. 10.000.000.
Pasti udah ada kenaikan harga ya buat sekarang. Mungkin sekitar 25% kali ya udah naiknya.

Semoga bisa ngasih bayangan sedikit tentang proses lahiran gimana hehehe.

Semoga buibu yang sedang nunggu si utunnya lahir diberikan kesehatan, kesiapan mental dan fisik untuk lahiran, dilancarkan juga proses lahirannya nanti.
Aamiin...

Wassalamu'allaikum warrohmatullahi wabarokatuh...

Comments